Friday 6 January 2017

Tips Paling Ampuh menghadapi UN

Ujian Nasional 2017 sudah semakin dekat baik bagi siswa SD SMP maupun SLTA. Untuk menghadapinya tentu kita harus mempersiapkan segala sesuatu agar dapat melaluinya dan mendapatkan hasil yang baik. Untuk mendapatkan hasil yang baik pun harus mempunyai strategi yang baik dalam hal belajar. Oleh karena itu kami sedikit memberikan beberapa tips agar kita dapat menghadapi UN dengan sebaik-baiknya.
berikut beberapa tips yang telah tersajikan dengan sumber kepada pengalaman-pengalaman orang yang telah sukses menghadapi UN
1. Belajar dengan soal UN tahun lalu
Soal UN tahun lalu atau kadang disebut soal wangsit sudah sangat terbukti ampuh untuk latihan. karena yang namanya ujian dari tahun ke tahun ya tetap seperti itu, tidak jauh berbeda setiap tahunnya. maka sobat pandai-pandailah mencari soal wangsit tersebut. biasanya sudah dibukukan dan banyak dijual di online maupun toko buku atau perorangan. mungkin juga bisa di temui di perpustakaan sekolah.

2. Hindari pengalihan perhatian saat belajar
Apapun hal yang dapat mengalihkan fokus kita saat belajar wajib dihindari. karena jika saat belajar pusat perhatian kita terbagi maka ilmu yang dipelajari pasti tidak akan masuk dalam memori kita dengan baik, seperti halnya saat kita mengendarai motor kita tidak mungkin bisa fokus melihat atau mencermati tulisan-tulisan sisi jalan karena ke fokusan kita tertuju pada jalan di depan. maka fokuslah tetap pada materi yang sedang di pelajari, Hp dan TV sebaiknya dimatikan agar tidak mengganggu aktivitas belajar.

3. Aturlah waktu yang tepat untuk belajar
Otak kita tidak bisa dipaksakan untuk menerima sesuatu jika kondisi tubuh lemah, maka kita harus pandai mengatur waktu belajar, sebagai saran dari kami lebih baik belajar malam dengan catatan setelah pulang sekolah sobat harus istirahat yang cukup untuk mempersiapkan energi baru agar belajar tenang dan nyaman.
jika sepulang sekolah ada kegiatan yang tak bisa dihindari, maka lebih efektifnya belajar pada pagi hari sebelum subuh setelah bangun tidur karena pada waktu yang sunyi dan tenang seperti ini otak pasti akan rileks menerima suatu pembelajaran.

4. Rajinlah Olahraga
Selain tubuh kita menjadi bugar jika kita rajin olahraga, maka kegiatan tersebut juga dapat membuat pikiran lebih rileks. Olahraga teratur tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. sobat bisa rutin lari sore atau pagi tiap seminggu dua kali atau tiga, karena olahraga lari santai juga terbukti dapat melancarkan pasokan oksigen ke otak sehingga meningkatkan kinerjanya.

5. Berdoalah
Berdoa merupakan ritual permohonan terhadap Tuhan agar diberikan sesuatu yang baik. Oleh karenanya, jangan lupa untuk terus berdoa agar selalu diberi kemudahan, kelancaran, tidak ada suatu halangan apapun dan semoga diberikan kesuksesan dalam mengerjakan soal.

6. Buatlah kelompok belajar
Teman-teman yang ahli dalam suatu mata pelajaran tertentu dapat dijadikan alternatif belajar. dalam kelompok belajar sebaiknya melibatkan semua teman yang ahli dalam pelajaran UN agar kita dapat sharing dengannya dan bisa belajar lebih santai daripada formalitasnya.

7. Aktif saat pelajaran di dalam kelas
Jika saat mempelajari soal-soal dirumah mendapatkan kesulitan, maka tanyakanlah kepada guru bidangnya di kelas. banyak-banyak bertanya agar dapat menambah wawasan serta kesulitan yang dihadapi dapat terselesaikan.

8. Temukan Gaya belajarmu
Ini yang sangat menentukan maksimal atau tidaknya aktivitas belajar. soal belajar ini sebenarnya ada 4 tipe. Pertama, visual learner, kalau kamu tipe pembelajar yang seperti ini, tepat sekali jika kamu tempel-tempel poster, atau ilustrasi-ilustrasi yang mendukung kamu belajar. Kedua, disebut auditory learner. Kalau kamu punya perekam, selain mencatat pelajaran, kamu bisa merekam guru kamu saat mengajar. Ketiga, gaya belajar yang disertai dengan gerakan, perabaan, atau sensasi fisik lainnya. Ini disebut kinesthetic learner. Keempat, orang yang suka pakai analogi-analogi dalam mempelajari sesuatu disebut logical learner.

9. Tentukanlah Target!
Setelah menemukan gaya belajarmu maka sekarang saatnya menentukan target yang akan dicapai.
Dengan target kamu akan bekerja denga penuh semangat. Target juga alat yang efektif untuk mengusir rasa malas, bosan, bete, jenuh & seabrek pemikirian negatif lainnya.
Akan tetapi, target haruslah realistis. Misalnya, kamu tidak terlalu suka sama matematika, tidak perlu mematok target dapat nilai 100. Karena hanya berbuah kecewa rasa masam plus berkerut. Kamu bisa mengukur target berdasarkan kemampuan yang kamu miliki.
 
10. Kurangi kebiasaan yang tidak produktif
Tiada kesuksesan yang didapat tanpa perjuangan dan tidak pula ada perjuangan tanpa pengorbanan.
Salah satunya rela mengorbankan kebiasaan-kebiasaan yang tak produktif yang semuanya membuang-buang waktu & stamina.
So, jika kamu senang nonton TV, nongkrong di playstation, internetan, dan sebagainya, sebaiknya pas menjelang ujian, kurangi dulu atau mungkin hindari dulu deh.

11. Meminta Restu dan Doa Orang tua
Setelah semuanya dilakukan, maka yang terakhir adalah berdoa, karena ikhtiyar harus dibarengi dengan tawakal. Tuhan yg menciptakan kita, semuanya adalah milik-Nya, kesanggupan kita melangkah, pendengaran apalagi kecerdasan ada dalam pengawasan dan kendalinya. Maka bermohonlah kepada-NYa.

Selanjutnya.. Ujian Nasional Tiba! semoga kalian dapat melampauinya dengan baik dan mendapat hasil yang baik. diterima di sekolah favorit, PTN sesuai cita-cita atau mendapat pekerjaan yang baik.
Salam sukses dari kami.


 


8 comments:

  1. makasih gan infonnya,,bentar lagi mau UN nihh:)

    ReplyDelete
  2. Nice tips gan, patut dilakukan.

    ReplyDelete
  3. Wahh, sangat bermanfaat neh biar nanti gue UN bsa ttp fokus dan bsa mengerjakan semuanya, secara kan UN tinggal sbntar lagi :D

    GloriMelamine.com Produsen Peralatan Makan Industri Horeka Terbaik di Indonesia

    ReplyDelete
  4. Boleh lah nih buat di coba, soal.a sekarang udah kelas 12 hahaha

    ReplyDelete
  5. bentar lagi un nih, jadi mesti persiapan :D

    ReplyDelete
  6. Nice Inpo gan,Sederhana dan Mudah dipahami :D

    ReplyDelete
  7. mantap tipsnya, harus di terapin nih.

    ReplyDelete